7 Fakta Unik Sekolah di Korea Selatan

Alakorsel ~ Kamu pasti pernah membayangkan suasana sekolah di Korea layaknya SMA Shinhwa dalam drama Boys Before Flowers atau SMA Jeguk dalam drama The Heirs? Mungkin juga, kamu mengira sekolah di Korea seperti drama School 2013 dimana siswanya bisa keluar-masuk kelas saat pelajaran?

Kelihatannya sekolah di korea hanya untuk orang - orang berpenghasilan tinggi dan mereka bisa melakukan sesuka hati mereka di sekolah. Tapi jangan salah, ada beberapa fakta unik tak terduga tentang sekolah di Negeri Ginseng ini. Apa saja?

1. Belajar 14 Jam per Hari

 SMA di Korea Selatan mewajibkan siswanya belajar selama 14 jam sehari. Rata-rata sekolah masuk pukul 08.00 dan berakhir pukul 21.30. Pelajar lebih banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Katanya, tujuan utama mereka adalah agar dapat masuk ke universitas terbaik. Akibatnya, mereka kebanyakan memilih masuk ‘hagwon’. Hagwon adalah semacam bimbingan atau pelajaran sepulang sekolah.

2. Hari Sabtu Libur

Di Indonesia, hanya kota besar seperti Jakarta dan Surabaya yang meliburkan sekolah di hari Sabtu. Tetapi di Korea, hari Sabtu tetaplah hari sekolah. Sejak 2010, barulah sekolah-sekolah Korea Selatan meliburkan sekolah di hari Sabtu. Tetapi, hanya dua hari Sabtu dalam sebulan.

3. Muridnya Sangat Menghormati Guru

Sangat menghormati guru. Di sana, orang Korea mengatakan “Teachers are as high as God”. Hal ini tentunya positif, ya. Usia maksimal seorang guru adalah 65 tahun. Bagaimana dengan Indonesia?

4. Etika di Dalam Kelas

Ada etika bersepatu di dalam kelas. Hampir sama dengan budaya sekolah di Jepang yang mewajibkan ‘uwabaki’ atau sepatu selop khusus di kelas, Korea juga begitu. Setiap siswa memang memiliki sepatu outdoor. Tetapi ketika memasuki ruang kelas, mereka harus memakai sepatu selop atau slipper seperti di rumah.

5. Ada Makan Siang yang Enak

Makan siang yang lezat dan menyehatkan. Rata-rata sekolah di Korea selalu menyediakan makan siang bagi seluruh siswanya. Menu makanan selalu berbeda tiap harinya dan semuanya fresh tanpa pemanas microwave.

6. Toilet Sekolah

Toilet sekolah tak menyediakan tisu! Beberapa sekolah tak selalu menyediakan tisu toilet. Jadi, siswa harus membawa tisu sendiri. Suatu stategi agar siswa berlatih mandiri, mungkin.

7. Kebiasaan Gosok Gigi.

Setiap nonton drama Korea, kita selalu melihat adegan menggosok gigi. Faktanya, guru-guru di Korea pun selalu membawa sikat giginya ke sekolah. Kebiasaan baik ini selalu dilakukan setelah makan siang. Bersih itu sehat!

(Baca juga : Sistem Pendidikan di Korea Selatan

4 komentar


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon