Fakta Penting Pendidikan di Negeri Gingseng Korea Selatan

fakta pendidikan di korea selatan
Alakorsel ~ Selain terkenal dengan budayanya yang bagus, negeri Gingseng Korea Selatan juga terkenal dengan pendidikannya. Di Korea Selatan, sistem pendidikannya sudah sangat bagus diterapkan di sekolah-sekolah pemerintah maupun sekolah swasta.

Sekolah-sekolah di Korea Selatan juga sangat melek teknologi, kebanyakan sekolah disana sudah dilengkapi saran dan prasaran sekolah elektronik yang sangat memadai.

Selain itu, ada banyak fakta penting tentang pendidikan di Korea Selatan, apa saja ? simak penjelasan berikut ini

1. Siswa di Korea Selatan harus belajar 14 jam dalam sehari

Para siswa sekolah tinggi di Korea memiliki waktu belajar dari jam 08:00 pagi sampai 09:30 atau 10:00 malam. Bayangkan, 14 jam berada di sekolah! Tujuannya agar para siswa bisa masuk ke dalam perguruan tinggi favorit karena persaingan di sana cukup tinggi.

Seakan belum cukup dengan sekolah formal, para siswa biasanya juga akan menghadiri lembaga pendidikan swasta / Hagwon (학원). Ini berarti para siswa sekolah tinggi rata-rata tidak pulang sampai tengah malam. Sedangkan bagi siswa sekolah menengah, pihak sekolah masih memberi toleransi dengan waktu belajar antara 08:00 pagi sampai 04:00 sore, dengan tambahan Hagwon sepulang sekolah.

2. Guru disana sangat dihargai

Di Korea ada pepatah yang mengatakan, “Guru adalah hal tertinggi selayaknya Tuhan.” Masyarakat Korea menganggap guru memegang posisi yang berharga dan tinggi karena Korea menanamkan bahwa pendidikan adalah hal yang utama. Akibatnya, Korea benar-benar menjunjung tinggi para guru. Usia pensiun mereka tidak sampai 65 tahun. Senioritas di kalangan guru dilihat melalui bayaran yang tinggi dan jam mengajar yang lebih banyak.

(Baca juga : Guru, Sekarang Dikau Sudah Tidak Dihargai Lagi)

3. Peralatan belajar mengajar sangat modern

Presentasi Power Point, USB dsb adalah hal-hal dasar yang digunakan dalam sistem pembelajaran SD-SMA. Ruang kelas dilengkapi Komputer yang terhubung ke salah satu sistem proyektor overhead atau layar datar LCD.

4. Guru tidak hanya berkarir di satu sekolah saja, mereka dirotasi

Ada rotasi mutasi guru setelah lima tahun mengajar. Hal ini dilakukan agar setiap guru mendapat kesempatan yang adil untuk mengajar di berbagai sekolah yang baik atau buruk.

5. Ada sekolah  yang memiliki peralatan lab yang sangat canggih

Beberapa sekolah unggulan memiliki ruang praktek teknolgi blue screen untuk membuat para siswa dapat berperan dengan layak. Ruangan itu juga dilengkapi dengan berbagai alat dan media untuk membuat akting itu terlihat nyata.

6. Hukuman fisik masih berlaku di Korea Selatan

Sistem pendidikan di sana memang sangat ketat dan keras. Bukan hal yang tabu jika guru melakukan kekerasan fisik untuk mendisiplinkan muridnya. Bahkan para orang tua tidak masalah dengan peraturan itu. Hanya saja saat ini hukuman fisik itu memiliki batasan yang lebih kuat.

7. Kebersihan Sekolah adalah tanggung jawab sang murid

 Sistem pendidikan di Korea mengajarkan siswa untuk bertanggung jawab terhadap perawatan sekolah mereka. Sementara para petugas kebersihan melakukan tugas-tugas utama seperti membersihkan kamar mandi, membersihkan lorong, ruang kelas, tangga, para siswa diwajibkan memungut sampah di halaman sekolah setiap pagi sebelum bel berbunyi.

(Baca juga : 7 Fakta Unik Sekolah di Korea Selatan)

8. Sebagian waktu siswa di Sekolah

Para siswa di Korea menghabiskan sebagian waktunya di sekolah. Mereka belajar, makan, dan bergaul bersama. Sehingga banyak siswi yang juga membawa alat makeup ke sekolah, mereka saling membantu memoles wajah bersama

9. Wajib belajar hanya sampai Sekolah Menengah Pertama

Di Korea, wajib belajar itu cuma SD-SMP, tapi karena tingkat kesadaran masyarakat yang tinggi, anak-anak mereka tetap di sekolahkan sampai jenjang paling tinggi (kuliah)

10. Di SMA, siswa tidak boleh gaya-gayaan

Saat memasuki SMA, sekolah tidak melarang siswa-siswanya memanjangkan rambut, mewarnai rambut, atau merias diri.

(Baca juga : 10 Universitas Terkenal di Korea Selatan)


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon