Wajib Militer (Wamil) Ala Korea Selatan

Alakorsel ~ KOREA Selatan (Korsel) merupakan salah satu dari beberapa negara yang masih mempertahankan wajib militer (wamil) bagi warga negaranya, khususnya laki-laki. Mereka wajib menjalankan tugas militer selama dua tahun.

Ada negara tetangga Indonesia yang juga mengharuskan wamil, yakni Singapura dan Vietnam. Namun, wamil di Singapura hanya setahun, sedangkan di Vietnam para lelakinya boleh memilih ingin bergabung atau tidak. Namun, untuk laki-laki Korsel mereka tak punya pilihan karena sifatnya wajib.

Saya punya teman yang sekarang sedang bertugas sebagai military service dan akan ada satu teman lagi yang akan ikut program serupa tahun ini. Nah, semua pria yang sudah cukup umur atau berusia 18 tahun ke atas akan mendapat panggilan melalui surat untuk melaporkan kesiapannya ikut wamil. Surat itu akan datang tiga kali. Respons untuk panggilan pertama dan kedua masih bisa ditunda, tapi tidak untuk panggilan terakhir.

Tentu saja regulasi ini dibuat dengan sangat jelas dan tegas, tapi tetap dengan pengecualian beberapa orang boleh tidak mengikutinya setelah diinvestigasi bahwa mereka memang tidak dapat melaksanakan tugas ini. Tidak ada yang bisa menolak bahkan artis sekalipun contohnya tahun 2004 publik di Korsel dikejutkan oleh terbukanya hasil investigasi bahwa dua aktor kenamaan memanipulasi hasil pemeriksaan kesehatan agar lolos dari kewajiban militer. Namun, karena skandal tersebut pada tahun itu juga mereka harus melakukan tugas sebagai tentara aktif.

Kenapa tugas ini begitu menakutkan? Teman saya bercerita, mereka benar-benar akan di karantina selama dua tahun dan benar-benar berhenti melakukan kegiatan yang lain seperti kuliah, kerja, dan kalau artis berarti tidak boleh tampil di televisi selama periode itu juga. Namun, mereka akan diberi kemudahan oleh pihak kampus atau tempat bekerja sehingga setelah cuti selama dua tahun mereka bisa melanjutkannya kembali tanpa ada yang dirugikan.

Artis terkadang memang lebih susah karena panggilan itu bisa datang pada saat mereka sedang tenar. Namun, tak boleh ada yang melanggar. Jika melanggar, sanksinya mereka harus mengulang kewajiban yang satu ini. Contohnya saja Psy, penyanyi yang terkenal dengan single Gangnam Style ini wajib mengulang tugasnya sebagai tentara aktif karena terbukti tampil di televisi kala itu.
Tak hanya itu, mereka benar-benar tidak dapat berkomunikasi dengan bebas ketika berada dalam posisi tentara aktif sehingga banyak yang kemudian putus hubungannya dengan lawan jenis, mereka bahkan tak boleh aktif di media sosial.

tulisan ini dikutip dari laman tribunnews.com


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon