Kimchi : Makanan Khas Korea Selatan yang Mendunia

Alakorsel ~ Anda pasti tahu makanan khas korea yang satu ini kan ? iya, Kimchi. Makanan yang sudah banyak dikenal oleh masyarakat dunia saat ini. Kimchi merupakan sebuah hidangan lezat khas Korea yang dimasak dengan proses fermentasi. Meski sudah ada sejak Dinasti Goryeo, kimchi awalnya hanya merupakan makanan petani di desa. Penduduk negeri cantik ini sering mengolah sawi dalam jumlah banyak sebagai cadangan makanan di kala musim dingin tiba.

Pada zaman dahulu, pengolahan kimchi tidak diolah menggunakan cabai.Dikarenakan cabai masih merupakan komoditi yang langka pada saat itu, kimchi hanya diolah menggunakan bawang putih, garam dan air saja atau direndam dengan menggunakan air asin yang dibumbui dengan bawang. 

Meski awalnya hanya merupakan kudapan masyarakat kaum bawah, lambat laun menu ini merangkak menjadi salah satu kudapan khas Korea. Bahkan suatu pesta akan dikatakan tidak lengkap jika tidak menampilkan menu lezat yang satu ini. Entah apa sebabnya, dengan filosofi yang berkembang, kimchi seolah tidak tergerus perkembangan kuliner yang terjadi dari waktu ke waktu.

Isi:
Sawi putih, lobak, ditaburi irisan cabai merah, bawang putih, bawang bombay, serta sedikit makanan laut, seperti cumi-cumi atau tiram. Semua bahan tadi dicampur dengan bumbu jahe, garam, dan gula. 

Keunggulan:
Sayur sawi putih dan bumbu-bumbu dalam kimchi kaya akan vitamin A, tiamin (B1), riboflavin (B2), kalsium, dan zat besi. Asam laktat yang dihasilkan bakteri ‘baik’ laktobasilus saat proses fermentasi kimchi, lebih tinggi daripada yoghurt. 

Begitu cintanya masyarakat Korea pada kimchi, sampai-sampai ada penelitian khusus di Kimchi Research Institute di Pusan National University, Korea Selatan. Salah satu hasilnya, diketahui bahwa kimchi dapat membantu melancarkan pencernaan serta menekan pertumbuhan sel-sel kanker kolon hingga 72% (terutama kimchi yang terfermentasi dengan baik). Asam laktat yang dihasilkan kimchi, terfermentasi 10 kali lebih banyak daripada kimchi yang tidak terfermentasi.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon