Gaya Hidup Positif Warga Korea Selatan Yang Menarik Perhatian Dunia

Alakorsel ~ Korea Selatan memang memiliki magnet tersendiri yang mampu menarik perhatian banyak masyarakat dunia. Mulai dari kulinernya yang beragam hingga dunia entertainmentnya yang bertabur artis-artis berwajah rupawan seperti drama hingga musik.

Bukan hanya itu, ternyata menurut beberapa penelitian, ada beberapa gaya hidup Korea Selatan lainnya yang sangat unik untuk disimak. Sebab gaya hidup ini pun juga mampu menarik perhatian banyak masyarakat dunia. Bagaimana gaya hidup masyarakat Korea Selatan tersebut? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

1. Prioritas Hiburan yang Sangat Tinggi
Salah satu hasil ekspor Korea Selatan yang cukup tingi adalah seni dan budaya. Bahkan, produk dari dunia entertainment Korea tersebut telah diperjualbelikan di seluruh belahan dunia. Beberapa produk entertainment tersebut diantaranya adalah film, teater hingga musik. Berkat penanganan yang serius di bidang entertainment, maka pemerintah Korea pun memperoleh laba hingga milyaran dollar.

Dari keseluruhan produk entertainment Korea yang diekspor, yang menduduki peringkat tertinggi adalah K-Pop. Bahkan karena terlalu banyak yang menggemari, maka K-Pop pun kerap menjadi trending topic yang kemudian sering disebut dengan nama “Korean Wave”. Berbagai media sosial seperti Youtube juga memiliki pernana yang sangat besar dalam menyebarluaskan budaya=budaya yang dimiliki oleh Korea.
 
2. Penanganan Serius Pada Internet Addict
Salah satu gaya hidup masyarakat Korea Selatan yang unik untuk disimak adalah bagaimana seriusnya mereka menangani internet addict. Hasil survey menyatakan jika 98% dari total rumah tangga di Korea Selatan memiliki akses internet berkecepatan tinggi. Sedangkan hampir 2/3 dari total masyarakat Korea Selatan memiliki smartphone.

Internet memang tak selamanya membawa dampak positif bagi penggunanya. Terkadang, internet justru membawa dampak negatif seperti meningkatnya tingkat kecanduan game online pada anak-anak dan remaja Korea Selatan. Mengetahui fakta tersebut, maka pemerintah tak tinggal diam begitu saja. Mereka lantas bergerak cepat untuk menyelamatkan generasi penerus negaranya. Mereka memberikan konseling dan pengobatan psikologis secara khusus guna menangani kecanduan internet tersebut. Dan terbukti, tingkat kecanduan para remaja terhadap internet pun semakin lama semakin menurun.

3. Sangat Peduli Dengan Kesehatan
Korea Selatan menempati urutan pertama dari daftar 15 negara peserta survey “kepuasan kesehatan” yang dilakukan pada tahun 2013 silam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Korea sangat puas dengan layanan kesehatan yang ada di dalam negaranya.

Sebab, masyarakat Korea dikenal sebagai masyarakat yang memiliki rencana kesehatan. Bukan hanya kerap merencanakan kesehatan yang sesuai dengan kondisi tubuh mereka, masyarakat Korea pun juga berhasil menjalankan rencana tersebut dengan baik. Kebiasaan tersebut telah mereka lakukan sejak tahun 1989 silam.

4. Gemar Melakukan Kegiatan Outdoor
Hasil penelitian menunjukkan bahwa masyarakat Korea sangat gemar melakukan berbagai kegiatan-kegiatan outdoor. Salah satu diantaranya adalah camping. Hal tersebut didasari karena masyarakat Korea ingin mencari tempat yang tenang guna melepaskan kepenatan lantaran pembangunan kota terus meningkat pesat dan membuat lahan hijau semakin berkurang.

Kebiasaan ini membuat sebagian masyarakat Korea memiliki ide untuk membuat lokasi-lokasi perkemahan yang tak jauh dari pusat kota. Bahkan beberapa lokasi perkemahan ada juga yang telah dilengkapi dengan berbagai teknologi seperti kios listrik.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon