Sumpit, Alat Makan Unik Dari Negeri Gingseng Korea

sumpit korea
Alakorsel ~ Ada hal yang sangat unik di Korea Selatan. Yups, Alat makan mereka. Sebenarnya hampir sama seperti di Indonesia, akan tetapi ada sedikit perbedaan. Alat makan di korea selatan terdiri dari piring, mangkuk, sumpit dan sendok. Sumpit adalah hal yang unik, sudah menjadi alat makan utama korea selatan.

Jadi, jangan heran kalau di korea jarang sekali di temui garpu. Garpu masih di gunakan tetapi hanya untuk makanan tertentu. Kalau di indonesia sumpit hanya di jadikan alat makan untuk makanan seperti mie ayam. Antara sumpit dan garpu di korea selatan lebih penting sumpit untuk alat makan. Jika orang korea makan tangan kanan memegang sumpit, bagaimana dengan tangan kiri?

Jika orang korea makan maka sumpit berguna untuk mengambil makanan seperti nasi, sayur tanpa kuah atau jenis makanan lain. Sedangkan sendok hanya di gunakan untuk mengambil sop saja. Di restaurant mana pun di korea juga sama yaitu hanya sumpit dan sendok sebagai alat makan. Jika ke korea jangan minta garpu untuk alat makan kecuali jika di beri, karena menurut orang korea hal itu di anggap aneh.

Orang korea juga menganggap bahwa sumpit hanya ada di korea tetapi kenyataannya di negara asia timur seperti jepang, cina, taiwan banyak menggunakan sumpit sebagai alat makan daripada sendok. Mungkin di cina lebih exstrim karena di cina itu sumpit yang di gunakan harus sumpit kayu karena kebutuhan sumpit kayu di cina mencapai sekitar 1000 pasang. Di korea sumpit yang di gunakan bukan terbuat dari kayu tetapi dari bahan stainlist steel alumunium.

Anak-anak di korea sejak kecil sudah di ajarkan untuk menggunakan sumpit sebagai alat makan. Untuk anak kecil sumpit berbeda dengan sumpit untuk orang dewasa. Untuk anak kecil menggunakan sumpit yang menyatu, jadi dua sumpit itu menjadi satu atau tidak terpisah dan terdapat dua lubang untuk di masukan ke jari.

Jadi ketika lubang sumpit di masukan ke dalam jari maka tidak akan terjatuh. Ketika sudah agak dewasa sumpit itu akan di ganti dengan sumpit yang sama seperti untuk orang dewasa. Jadi mereka akan terbiasa dengan sumpit sebagai alat makan utama di korea. Itulah cara belajar mengapa  orang korea pandai menggunakan sumpit sebagai alat makan.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon