Kimbab, Makanan Asli Korea Yang Terbuat Dari Nasi

Alakorsel ~ Jika kamu suka nonton Drama Kora, kamu pasti pernah dengar kata "kimbab". Kimbab “김밥” adalah makanan asli dari korea yang di terbuat dari nasi (yang di sudah di tambah dengan seasoning atau minyak wijen dan garam) jadi sudah gurih di campur dengan berbagai tambahan seperti telur, daging dan berbagai macam sayuran kemudian dibungkus dengan rumput laut kering dan di gulung dengan menggunakan bamboo mat “대나무 매트” atau denamu mete. Rumput laut kering di korea di sebut juga dengan kim “김” jika di jepang di sebut dengan nori.

Sekilas hampir mirip dengan "sushi" nya Jepang


Ada yang mengatakan bahwa kimbab merupakan makanan yang ter inspirasi dari makanan jepang yaitu “sushi”. Bisa juga benar karena selama pemerintahan Jepang di Korea 1910-1945 banyak makanan jepang yang beredar di masyarakat korea. Namun, ada jenis Kimbap yang dianggap “paling asli” dari korea selatan dengan nama adalah Chungmu Kimbap “충무 김밥“. Chungmu Kimbap berasal dari Chungmu yaitu sebuah daerah di pesisir selatan semenanjung korea. Chungmu gimbap tidak memiliki isi melainkan hanya berupa nasi gulung rumput laut yang disajikan dengan kimchi dan cumi-cumi.

Dimana kamu membeli kimbab ?


Kimbab di era modern banyak menggunakan bahan modern yang di sesuaikan dengan lidah konsumen. Kimbab di korea selatan banyak di jumpai di berbagai tempat mulai dari pedagang kaki lima di pasar hingga restauran. Kimbap bukanlah makanan mewah di korea selatan jadi semua orang bisa membuatnya dan bisa juga dibilang street food atau makanan jalanan.

Kimbap ini populer sebagai bekal bepergian atau piknik jadi bukan merupakan makanan utama walaupun terbuat dari nasi. Kimbab di korea selatan sering di makan orang di jalanan ketika akan pergi ke sekolah, kantor atau aktivitas lain, bisa di bilang makanan cemilan orang korea. Mungkin jika di lihat dari bentuknya kimbab ini seperti sebuah lemper yang ada di indonesia. Namun lemper ukurannya lebih kecil jika di bandingkan kimbab, tetapi sama-sama makanan penahan lapar.

Berapa harga kimbab ?


Harga sebuah kimbab sekitar 2500 won/gulung. Jika anda ingin membeli kimbab berhati-hati lah karena isi kimbab ada yang terbuat dari daging babi. Isi kimbab anda bisa tentukan sendiri, mau isinya sayuran semua atau sayuran campur daging tetapi daging yang halal.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon