Tata Cara Menyapa Orang Korea yang Menjadi Kultur di Korea Selatan

Alakorsel ~ Menyapa adalah suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap orang di berbagai negara karena hakikatnya manusia adalah makhluk sosial. Namu, satu negara dengan negara lainnya mungkin memiliki ciri khas ketika sedang berhadapan dengan orang lain. Seperti halnya di korea selatan, cara menyapa disana juga menjadi salah satu budaya yang sangat di kagumi di dunia.

Mungkin lewat tayangan drama korea kamu pasti sudah sedikit mengetahui cara menyapa di negeri ginseng. Cara menyapa orang korea sudah menjadi budaya turun temurun dari para leluhur, jika di bandingkan dengan indonesia sangat berbeda, indonesia mempunyai budaya sendiri yang tidak kalah dengan negara korea selatan.

Berikut ini adalah beberapa perkataan cara menyapa orang korea :


Ketika bertemu maka ucapkan Anyong-haseyo (안녕하세요) artinya selamat pagi,siang atau malam. Kalimat anyong-haseyo (formal) di ucapkan oleh seorang yang berumur muda ke tua. Atau hanya anyong (informal)  untuk di ucapkan oleh seorang yang berumur tua ke muda.

Biasanya orang korea juga mengatakan banggap-semnida (반갑습니다) yang artinya senang bertemu dengan anda. Biasanya di ucapkan karyawan kepada bos atau rekan kerja yang lebih tua.
Ada juga beberapa etika cara menyapa orang di korea selatan


Ketika sedang berada di kamar kecil dan bertemu rekan kerja atau teman yang lebih tua maka membungkuk lah 15 derajat setelah mengucapkan anyong haseyo jika dengan teman sebaya hanya anyong.

Membungkuk 30 derajat kepada yang lebih tua di anggap sopan. Jadi sambil membungkuk 30 derajat sambil mengucapkan anyong-haseyo berarti kita melakukan tindakan formal.

Membungkuk 45 derajat kepada atasan atau bos atau orang yang kita hormati, berarti kita melakukan tindakan sangat formal.

Orang Korea juga ada menyapa dengan cara berjabat tangan


Namun di Korea, orang yang lebih muda di larang mengulurkan tangan terlebih dahulu kepada senior atau orang yang lebih tua. Biarkan senior mengulur kan tangan terlebih dahulu.

Ketika senior sudah mengulur kan tangan maka kamu dapat menjabat tangan sambil membungkuk kan badan (sebagai rasa hormat kepada senior atau orang yang lebih tua).

Ketika sedang berjabat tangan di larang meletakkan tangan yang satu di atas tangan senior, jika senior yang melakukannya, maka boleh.

Itulah cara menyapa orang korea atau etika ketika kita berada di korea selatan. Semoga bisa membantu.

Baca Juga : 10 Peraturan unik di Korea Selatan


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon