Bulgogi, Daging Bakar Sedap Dari Negeri Gingseng

Alakorsel ~ Di Korea Selatan ada satu makanan yang lezat untuk kamu cobain, daging bakar atau bulgogi (불고기). Bulgogi adalah jenis makanan yang terdiri dari beberapa daging yang di bakar ke dalam suatu tempat bakar dan biasanya di makan bersamaan. Kata bul (불) sendiri berarti api atau bakar dan daging dalam bahasa korea sendiri di sebut gogi (고기) jadi bulgogi (불고기) artinya daging bakar. Jadi bisa menambah kosakata bahasa korea.

Ada banyak daging yang bisa di bakar di antaranya daging sapi atau sogogi (쇠고기), daging babi atau duejigogi (돼지 고기) , daging kambing atau yanggogi(양고기), daging ayam atau takgogi (닭고기), daging bebek atau origogi (오리 고기), berbagai hasil laut seperti belut, cumi-cumi, gurita atau jango,ojingo,muno (장어, 오징어, 문어).

Dimana Bulgogi dijual ?


Bulgogi sendiri termasuk makanan yang wajib di coba jika datang ke korea selain kimchi. Di mana kita bisa mencoba bulgogi? Tentunya di restauran yang menyajikan bulgogi! ya iya lah. Restaurant yang menyajikan bulgogi di sebut juga bupe. Bagaimana kita tahu itu bupe? gampang banget itu sob, kita bisa lihat dari luar restaurant jika restauran tersebut terdapat wajan atau tempat panggang sudah di pastikan bahwa tempat tersebut menyajikan menu bulgogi. 

Bagaimana cara memesan bulgogi ? 


ketika kita sudah mendapat restaurant yang menyediakan bulgogi maka kita hanya mengatakan bulgogi isoyo? nanti si pemilik restaurant akan mengerti apa yang kita inginkan. Makan daging bakar atau bulgogi itu prasmanan alias bebas mengambil sesuka hati dan selera kita. Jadi kita di persilahkan untuk mengambil daging dengan bebas, mau sedikit atau banyak itu terserah kita atau semampu perut kita saja.

Bagaimana cara membedakan daging halal atau tidak ? Di atas tadi sudah di jelaskan nama daging dalam bahasa korea. Bagi kamu yang muslim tentu di larang makan daging babi atau duejigogi (돼지 고기). Kamu tinggal bilang duejigogi an mokoyo artinya saya tidak makan daging babi. Maka si pemilik akan menunjukan daging selain daging babi. Untuk membedakan secara fisik daging babi atau bukan itu sangat sulit.

Bagaimana cara makan daging bakar atau bulgogi ? 


Kamu tinggal masukan saja daging yang sudah di pilih ke dalam wajan yang sudah menyala api. Jika daging sudah matang maka tinggal makan saja langsung dari wajan nya dengan menggunakan sumpit. Jika daging di dalam wajan sudah habis maka anda tinggal menambah lagi sampai perut kamu kenyang. Selain daging anda juga dapat menambah berbagai variasi seperti jamur, lada, bawang, lalapan khas korea dll.

Berapa harga daging bakar atau bulgogi ? 


Sebenarnya ada dua tipe restaurant bulgogi atau bupe. tipe pertama yaitu tipe per orang dan kedua tipe per orang sekaligus per daging.

Untuk tipe pertama ini biasanya lebih murah karena berapapun anda mengambil daging maka yang di hitung adalah orang yang makan. Contoh 5 orang makan di bupe (bebas mengambil daging) dengan harga per orang 10.000 won maka total biaya pembayaran sebesar 50.000 won (itu belum termasuk minuman yang di pesan, air putih gratis). Karena harganya lebih murah maka kualitas daging tentunya bukan kualitas daging A tapi tetap enak.

Untuk tipe kedua ini biasanya lebih mahal karena selain per orang maka ketika anda mengambil daging maka daging tersebut juga harus di bayar. Harga dagingnya juga bervariasi dari termurah sampai termahal ada. Kualitas daging tentu lebih bagus dari pada tipe pertama.
Sedikit tambahan untuk tipe bupe ini sesuaikan dengan kantong anda. Di bupe ini bukan hanya ada daging saja. Ada berbagai macam sayuran, buah, cake, minuman (ada yang gratis ada yang bayar) dan masih banyak lagi. Semua makanan itu sebagai pelengkap makan bulgogi dan semua itu gratis. Jadi ketika anda masuk ke bupe maka anda sudah di sajikan berbagai banyak makanan.

Orang korea biasanya pergi ke bupe untuk makan bulgogi dalam rangka hajatan biasanya naik jabatan, kumpul keluarga atau dengan teman atau hanya sekedar untuk minum alias mabuk. Menurut orang korea makan bulgogi lebih nikmat apabila dengan minum soju atau mekju.


DISKUSIKAN TENTANG KOREA DISINI !
EmoticonEmoticon